Rabu, 30 April 2014

Manfaat Kulit Manggis



Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi tentang manfaat kulit manggis atau yang memiliki nama ilmiah garcinia mangostana pericarpium  yang akhir-akhir ini kita sering melihat iklannya diberbagai media seperti di televisi.
Kulit manggis sebagai antioksidan paling tinggi diantara buah-buah yang lainnya yaitu mencapai 2000 ORAC. ORAC sendiri singkatan dari  Oxygen Radical Absorbance Capacity, yaitu kemampuan antioksidan menetralkan radikal bebas. Kulit manggis mengandung zat yang bernama xanthone yang memiliki khasiat sebagai antioksidan yang berfungsi untuk membantu meregenerasi sel-sel yang rusak serta berfungsi sebagai immunomodulator sehingga kekebalan dan stamina tubuh dapat meningkat. Ini sangat dibutuhkan oleh orang-orang zaman sekarang yang diharuskan memiliki stamina yang tinggi di persaingan yang sangat ketat ini. Senyawa xanthone pada kulit manggis dibagi menjadi dua, yaitu senyawa alfamangostin, betamangostin, mangostinone, dan gracinone E.
Alfamangostin memiliki aktivitas tertinggi yang berperan dalam menghambat pertumbuhan sel kanker didalam tubuh dan gracinone memiliki sifat sitotoksik terhadap sel kanker sehingga mampu membunuh sel kanker. Ekstrak kulit manggis dapat membunuh sel kanker namun tidak membahayakan sel lain yang sehat.
Alfamangostin dan betamangostin juga terbukti secara ilmiah dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab diare, disentri dan tifus. Penyebab TBC (Tuberculosis) yang bernama mycobacterium tuberculosis juga dapat ditekan pertumbuhannya oleh alfamangostin, betamangostin dan gracinone.
Secara garis besar manfaat kulit manggis memang sangat dibutuhkan oleh manusia untuk menjaga kesehatan, daya tahan tubuh dan stamina. Adapun khasiat dan kegunaan dari kulit manggis antara lain :
·         Sebagai Anti Oksidan (Penangkal Radikal Bebas seperti Polusi)
·         Meningkatkan Daya Tahan Tubuh dan Penambah Stamina
·         Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker (Payudara, Usus, Prostat, Getah Bening)
·         Memelihara Kesehatan Jantung
·         Menurunkan Hipertensi (Darah Tinggi)
·         Stroke
·         Menurunkan Kolesterol
·         Asam Urat, Reumatik dan Nyeri Sendi
·         Diabetes
·         Anti Alergi
·         Anti Mikroba
Sebenarnya masih banyak lagi khasiat yang terdapat di ekstrak kulit manggis, tapi poin-poin diatas sudah mewakili manfaat kulit manggis. Disarankan agar untuk membeli suplemen saja dan tidak membuat sendiri. Selain lebih praktis dan lebih higienis, supaya tidak dapat masuk zat-zat yang tidak bermanfaat masuk kedalam tubuh. Tidak lupa untuk menjaga kesehatan pola makan dan olahraga yang teratur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar