Rabu, 30 April 2014

Proposal Kegiatan Penelitian Ilmiah



PROPOSAL PERMOHONAN PENELITIAN ILMIAH

JUDUL PENELITIAN

Pengaruh Pemberian Kompensasi Berupa Bonus Pada Produktivitas Kerja Karyawan PT. Shindengen Indonesia

Nama Mahasiswa
Muhammad Iqbal Khoziana
NPM: 14211877
Kelas : 3 EA17



UNIVERSITAS GUNADARMA
ATA 2013/2014
April 2014


A.    Identitas Penelitian

1.  Judul Usulan        : Pengaruh Pemberian Kompensasi Berupa Bonus Pada Produktivitas
  Kerja Karyawan PT. Shindengen Indonesia
2.  Nama Mahasiwa  : Muhammad Iqbal Khoziana
3.  Topik Penelitian   : Menganalisis/  Menguji pengaruh/ menguji hubungan antar variabel
4.  Objek Penelitian  : Peneliti mengambil sampel 60  Karyawan  PT. Shindengen Indonesia
5.  Lokasi Penelitian : Kawasan Industri MM2100 Blok FF-1 Cikarang Barat

B.     Latar Belakang Penelitian
Sumber Daya Manusia adalah sebuah aset perusahaan yang penting karena membuat organisasi lainnya bekerja. Sumber daya manusia juga mempengaruhi efisiensi dan efektifitas perusahaan.
Kompensasi merupakan balas jasa yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawan yang dapat bersifat finansial maupun non finansial pada periode yang tetap. Sistem kompensasi yang baik akan mampu memberikan kepuasan bagi karyawan dan memungkinkan perusahaan memperoleh, memperkerjakan dan mempertahankan karyawan.
Bagi organisasi atau perusahaan, kompensasi memiliki arti penting karena kompensasi mencerminkan upaya perusahaan dalam mempertahankan dan meningkatkan kesejahteraan para karyawannya. Pengalaman menunjukkan bahwa kompensasi yang tidak memadai dapat menurunkan prestasi kerja dan kepuasan kerja karyawan, bahkan dapat menyebabkan keryawan yang potensial keluar dari perusahaan
Dari pengertian diatas dapat diambil kesimpulan bahwa kompensasi merupakan alat pengikat perusahaan terhadap karyawannya, faktor penarik bagi calon karyawan dan faktor pendorong seseorang menjadi keryawan. Dengan demikian kompensasi mempunyai fungsi yang cukup penting di dalam memperlancar jalannya roda perusahaan.
Pemberian kompensasi dalam suatu perusahaan merupakan sesuatu yang esensial karena terkait dengan perilaku, kinerja dan efektifitas tujuan sebuah perusahaan. Sebuaah perusahaan hendaknya memberikan kompensasi terhaddap karyawannya secara tepat, artinya kompensasi yang diberikan dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan dasar karyawannya.
Dengan demikian jelas bahwa perasaan mempengaruhi perilaku kerjanya seperti rajin, produktif, malas, tidak bersemangat dan sebagainya. Hasil kerja karyawan tercerminkan dari tinggi rendahnya kinerja karyawan secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh seorang karyawan dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya. Tinggi rendahnya kinerja karyawan berkaitan erat dengan sistem pemberian kompensasi yang ditetapkan oleh lembaga atau perusahaan tempat mereka bekerja. Pemberian kompensasi yang tidak tepat dapat berpengaruh terhadap peningkatan kerja seseorang.
Pemberian kompensasi kepada karyawannya yang dilakukan oleh sebuah perusahaan yaitu PT. Shindengen Indonesia yang berada di jalan Kawasan Industri MM2100 Blok FF-1 Cikarang Barat, Bekasi 17520. PT. Shindengen Indonesia adalah perusahaan yang memproduksi berbagai macam Condensor Discharge Ignition (CDI) dan regulator rectifier pada kendaraan bermotor . PT. Shindengen Indonesia ini merupakan salah satu pemasok dari PT. AHM Indonesia. Regulator rectifier merupakan salah satu hal terpenting dalam sepeda motor, karena fungsi utama dari produk ini adalah untuk mengkontrol lampu depan dan sebagai charging battery.
Berdasasarkan hal tersebut maka PT. Shindengen Indonesia memerlukan strategi untuk terus dapat konsisten mempertahankan hasil produksinya. Salah satu strategi yang digunakan adalah dengan meningkatkan daya kinerja karyawan didasarkan pada hasil kerja karyawan yang semakin menurun sehingga berpengaruh juga terhadap hasil barang yang akan dikirim ke PT. AHM. Strategi dengan pemberian kompensasi pada karyawan ini diambil oleh PT. Shindengen Indonesia dengan mengacu kepada tingkat hasil produktivitas kerja karyawan.
Oleh karena itu dilakukan penelitian untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari pemberian kompensasi berupa bonus terhadap produktivitas kerja karyawan meningkat.

C.      Fokus Penelitian
Berdasarkan latar belakang di atas, maka fokus penelitian ini adalah: “Pengaruh Pemberian kompensasi berupa bonus terhadap produktivitas kerja karyawan PT. Shindengen Indonesia”

D.     Pertanyaan Penelitian
Berdasarkan uraian latar belakang masalah yang telah dikemukan, maka dari itu peneliti mengambil sebuah rumusan masalah yakni “Bagaimana hubungan antara pemberian bonus terhadap produktivitas kerja karyawan PT. Shindengen?”

E.     Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pemberian bonus terhadap produktivitas kerja karyawan PT. Shindengen Indonesia

F.      Kegunaan Penelitian
Melalui penelitian ini peneliti berharap ada beberapa manfaat yang dihasilkan baik manfaat teoritis maupun manfaat praktis, yaitu :

1.      Kegunaan Teoritis : Hasil penelitian ini diharapkan nantinya dapat menambah khasanah ilmu pengetahuan khususnya di bidang keilmuan Ekonomi serta dapat dijadikan acuan untuk penelitian yang sejenis atau lebih lanjut.

2.      Kegunaan Praktis : Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan acuan dilakukannya penelitian lanjutan sehingga dapat dihasilkan rekomendasi yang lebih baik dalam hal penerapan sistem kompensasi di perusahaan dan memberikan bantuan pemikiran sebagai pertimbangan untuk lebih meningkatkan mutu dan kualitas kerja karyawan PT. Shindengen Indonesia





G. Tempat dan Waktu Penelitian

Penelitian Pengaruh Pemberian Kompensasi Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan PT. Shindengen  akan dilakukan dengan ketentuan tempat dan waktu sebagai berikut:
Nama Perusahaan   : PT. Shindengen Indonesia
Alamat                    : Kawasan Industri MM2100 Blok FF-1 Cikarang Barat
Bidang                    : Manajemen Sumber Daya Manusia
Peneliti akan mengunjungi PT. Shindengen Indonesia selama 3 kali kunjungan, adapun rinciannya sebagai berikut :
1.      Kunjungan pertama adalah untuk memberikan kuisioner kepada objek penelitian
2.      Kunjungan kedua adalah untuk mengambil data untuk diteliti
3.      Kunjungan ketiga adalah untuk memberikan satu hasil penelitian yang telah di sah kan oleh Universitas Gunadarma untuk PT. Shindengen Indonesia sebagai arsip.

H.     Alasan Pemilihan Masalah
                  PT. Shindengen Indonesia merupakan salah satu perusahaan besar di Indonesia sebagai pemasok peralatan kendaraan bermotor dan memiliki banyak karyawan.

I.        Data Peneliti
Berikut merupakan data peneliti secara singkat:
Nama                     :  Muhammad Iqbal Khoziana
NIM                      :  11221132
Alamat                   :  Jl. Teluk Angsan Permai Blok 2D No.110 RT 02 RW 12 Bekasi Timur
Telpn/Hp                :  08988323441
E-mail                    :  muhammadiqbal8090@yahoo.com
Perguruan Tinggi     : Universitas Gunadarma


J.      Metodologi Penelitian
Jenis data dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan membagikan kuesioner kepada pada karyawan sebagai objek penelitian. Sedangkan sumber data yang digunakan adalah data primer yaitu data yang diperoleh dengan cara mempelajari buku-buku, diktat yang ada hubungannya dengan permasalahan yang ada dan dokumen-dokumen yang relevan dengan penelitian dari pihak perusahaan. Sedangkan variabel adalah suatu yang beragam atau variasi. Variabel dibedakan sebagai berikut :

a)                  Variabel tergantung adalah variabel yang bergantung pada variabel yang lain sifatnya tidak dapat berdiri sendiri. Dalam penelitian ini dependennya adalah produktivitas kerja karyawan

b)                  Variabel bebas adalah variabel yang mempengaruhi variabel lain yang sifatnya berdiri sendiri. Penelitian ini memiliki variabel independent kompensasi.

Metode Pengumpulan Data
Dalam melakukan penelitian ini diperlukan data-data yang dapat mendukung penelitian, maka dalam hal ini penulis menggunakan metode penelitian lapangan (field research) yaitu metode penelitian dan pengumpulan data-data dengan cara langsung kelapangan, baik dengan melakukan observasi maupun wawancara kepada pihak-pihak terkait.

Metode Analisis Data
Dalam penelitian ini uji validitas digunakan untuk ketepatan atau kecermatan suatu instrument dalam mengukur apa yang ingin diukur dan uji reliabilitas digunakan untuk mengetahui konsistensi alat ukur, apakah alat pengukur yang digunakan dapat diandalkan dan tetap konsisten jika pengukuran tersebut diulang. Analisis korelasi yang digunakan untuk mengukur satu variabel dengan variabel yang lain bila datanya berbentuk kuantitatif dan memiliki skala pengukuran minimal interval. Analisis faktor adalah suatu teknik untuk menganalisis tentang saling ketergantungan (interdependence) dari beberapa variabel secara stimultan dengan tujuan untuk menyederhanakan dari bentuk hubungan antara beberapa variabel yang diteliti menjadi sejumlah faktor yang lebih sedikit dari pada variabel yg diteliti, yang berarti dapat juga menggambarkan tentang struktur data dari suatu penelitian. Analisis regresi linear beganda adalah hubungan secara linear antara dua atau lebih variabel independen (X1, X2,……Xn) dengan variabel dependen (Y). analisis untuk mengetahui arah hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen apakah masing – masing variabel independedn berhubungan positif atau negatif dan untuk mempredikdi nilai dari variabel dependen apabila nilai variabel independen mengalami kenaikan atau penurunan.

K.    Tahapan Kegiatan Penelitian

URAIAN KEGIATAN
Minggu
Persiapan Awal
1
2
3
4
5
6
a.      Diskusi dengan Dosen Pembimbing






b.      Tahap Persiapan penelitian ilmiah






Data dan Analisis






c.       Pengumpulan referensi






d.      Persiapan survey






e.      Pelaksanaan survey






f.        Komplikasi dan pengolahan data






g.      Analisis data






h.      Penyusunan draft penelitian ilmiah






i.        Presentasi penelitian ilmiah






j.        Penyempurnaan / revisi penelitian ilmiah
















L.     Penutup
Penulis berharap, penelitian ini dapat menyumbangkan wawasan dalam perkembangan ilmu ekonomi. Secara khusus, semoga penelitian ini juga menambah referensi aplikasi teoritis mengenai Pemberian Kompensasi Berupa Bonus Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan. Oleh karena itu, penulis pun menjamin kerahasiaan data-data PT. Shindengen Indonesia yang terpapar selama melakukan kegiatan penelitian. Tak lupa, penulis akan memberikan satu hasil penelitian ilmiah yang telah disyahkan Universitas Gunadarma sebagai arsip bagi PT. Shindengen. Atas kesempatan yang telah diberikan, penulis menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya bagi PT. Shindengen Indonesia.

            Peneliti/Penulis,
Bekasi, April 2014


Muhammad Iqbal Khoziana


Tidak ada komentar:

Posting Komentar