1. Keuntungan dan Kerugian Penggunaan Keluarga sebagai Unit Analisis
a.
Keuntungan
- Banyak produk dibeli oleh konsumen ganda yang bertindak sebagai unit keluarga.
- Ketika pembelian dibuat oleh individu, keputusan ppembelian individu bersangkutan mungkin sangat dipengaruhi oleh anggota lain dalam keluarganya.
- Pembiayaan yang lebih mudah dibanding individu.
b.
Kerugian
Studi
tentang keputusan keluarga sebagai konsumen kurang lazim dibandingkan studi
tentang individu sebagai konsumen. Alasan untuk pengabaian dalam studi
pembelian kelaurga adalah kesulitan dalam mempelajari keluarga sebagai
organisasi. Survai dan metodelogi penelitian pemasaran lain lebih mudah
dijalankan untuk individu daripada keluarga.
2. Perbedaan Peran Instrumental dan Peran Ekspresif dalam Keluarga
- Peran Instrumental
Peran
instrumental, yang juga dikenal sebagai peran fungsional atau ekonomi,
melibatkan aspek keuangan, karakter performansi, dan sifat “fungsional” lain
seperti kondisi pembelian.
Contoh
iklan:
a.
Iklan Lifebuoy Shampoo untuk Rambut Kuat dan Lebat (Versi Ulang Tahun)
Iklan
ini menceritakan anak yang berkeinginan mempunyai rambut kuat dan lebat di hari
ulang tahunnya. Kemudian ibunya menjanjikan kepada puterinya untuk membuat
rambut dia menjadi kuat dan lebat dengan menggunakan Lifebuoy Shampoo. Hal ini
menunjukkan peran seorang ibu yang mampu menganjurkan suatu produk dalam
kondisi tertentu dan meyakinkan anaknya terhadap produk tersebut.
b.
Iklan Asuransi Sequislife
Iklan
ini menunjukkan pentingnya perang orang tua terhadap pencapaian rasa ingin tahu
dan penggapaian cita-cita seorang anak. Dalm hal ini pihak orang tua harus
mampu menjamin biaya pendidikan anaknya misalnya dengan menjadi nasabah
asuransi pendidikan Sequislife.
- Peran Ekspresif
Peranan
ekspresif melibatkan dukungan kepada anggota keluarga yang lain dalam proses
pengambilan keputusan dan kebutuhan estetik atau emosi keluarga, termasuk
penegakan norma keluarga.
Contoh
iklan:
a.
Iklan Iklan Tropicana Slim (Versi Seperti Papah)
Iklan
ini menceritakan tentang seorang anak yang selalu ingin seperti ayahnya.
Ayahnya suka makanan manis, dia pun ikut menyukai makanan manis. Tetapi ketika
ayahnya terkena penyakit diabetes, untuk pertama kalinya dia tidak ingin
menjadi seperti ayahnya. Oleh karena keturunan diabetes 6 kali lebih berisiko,
ibunya menganjurkan suami dan anaknya untuk mengkonsumsi gula Tropicana Slim
Diabetes (suami) dan Tropicana Slim Classic (anak). Padahal mungkin saja
anaknya ini ingin mengkonsumsi gula biasa misalnya Gulaku. Akan tetapi karena
ada pengaruh dari anggota keluarga lain yaitu ibu dan ayahnya.
b.
Iklan Daia (versi Enemy No More)
Iklan
ini menceritakan seorang ibu rumah tangga yang setiap pagi perang dengan
cucian. Tiba-tiba ada ibu rumah tangga lain dari tetangganya yang memberitahu
bahwa ada deterjen yang lebih baik. Beliau menganjurkan untuk menggunakan
deterjen merek daia kepada ibu tersebut. Hal ini tentu saja akan mempengaruhi
pengambilan keputusan ibu itu terhadap pembelian deterjen. Jadi, iklan ini
menunjukkan adanya pengaruh atau dukungan dari keluarga lain (tetangga) dalam
pengambilan keputusan pembelian seorang ibu rumah tangga.
3. Variabel yang Harus Dipertimbangkan Mengenai Wanita yang Bekerja di Luar Rumah
Dunia
kerja merupakan dunia yang dinamis. Perubahan terus terjadi demi kemajuan
perusahaan. Tren yang berkembang saat ini adalah wanita sekarang mempunyai
angka yang lebih tinggi dalam pekerjaan di luar rumah dibandingkan dengan era
yang lalu. Dahulu tugas wanita hanya mengurus anak, suami dan rumah tangga,
maka saat ini peran tersebut sudah bergeser. Telah banyak wanita yang bekerja
di perusahaan maupun organisasi. Hal ini terjadi karena:
- Populasi wanita bertumbuh lebih cepat daripada populasi pria disebabkan oleh angka kelangsungan hidup wanita yang lebih tinggi.
- Lebih banyak wanita mengikuti kuliah di perguruan tinggi dibandingkan pria, dalam kontras yang tajam dengan masa lalu.
Variabel
yang harus dipertimbangkan:
1.
Tingkat pendidikan
Tingkat
pendidikan seorang wanita yang lebih tinggi cenderung akan membuat wanita
tersebut untuk bekerja di luar rumah daripada hanya tinggal dirumah untuk
mengurus anak dan rumah tangga.
Wanita
yang memiliki tingkat pendidikan yang lebih tinggi akan lebih memperhatikan
produk apa yang akan mereka beli. Contohnya adalah produk susu bayi, para ibu
rumah tangga yang berpendidikan akan memilih produk susu bayi yang berkualitas
dan memiliki nilai gizi yang baik untuk anaknya.
2.
Gaya hidup
Terdapat
beberapa gaya hidup yang dimiliki oleh seorang wanita misalnya tradisionalis,
moderat, dan feminis. Feminis dan moderat lebih mudah daripada tradisionalis
dan umumnya lebih terdidik serta lebih mungkin bekerja punya waktu.
Wanita
yang terbiasa dengan gaya hidup mewah cenderung tidak akan puas jika hanya
mengandalkan penghasilan dari suami saja, sehingga ia pun ingin menambah
pendapatan lain agar semua kebutuhannya terpenuhi.
Gaya
hidup seseorang menentukan keputusan pembelian suatu produk, para wanita yang
memiliki gaya hidup mewah cenderung memilih barang-barang yang memiliki merek
terkenal dan harga yang mahal untuk mereka digunakan.
3.
Kondisi ekonomi
Kondisi
ekonomi yang lemah merupakan salah satu alasan wanita untuk bekerja di luar
rumah. Hal ini dilakukan oleh seorang wanita untuk membiayai kebutuhan hidupnya
yang tidak akan terpenuhi jika ia tidak bekerja.
Pemilihan
suatu produk yang akan digunakan disesuaikan dengan pendapatan yang diperoleh.
Sehingga wanita dengan kondisi ekonomi yang lemah akan memilih produk yang
sesuai dengan kebutuhannya.
Sumber
:
http://www.slideshare.net/dian95/pengaruh-keluarga-terhadap-perilaku-konsumen
Tidak ada komentar:
Posting Komentar